Top
Rekomendasi Spesifikasi PC Laptopn untuk Video Mapping Indonesia

Rekomendasi Spesifikasi PC atau Laptop untuk Video Mapping

Banyaknya hardware dengan berbagai spesifikasi membuat kita bingung saat mau memilih hardware mana yang akan digunakan untuk video mapping. Dalam pembahasan kali ini kita akan mencoba menjabarkan spesifikasi yang direkomendasikan untuk video mapping.

Dalam hal ini spesifikasi PC atau laptop yang kita rekomendasikan itu digunakan untuk video mapping dalam hal teknisnya, bukan untuk produksi konten audiovisualnya ya. Karena ada perbedaan kebutuhan dari kedua hal tersebut.

Sebelum menentukan rekomendasi kami memakai acuan salah satu software untuk menjalankan video mapping, yaitu Resolume arena. Karena diantara beberapa software lainnya, Resolume memiliki spesifikasi dasar yang sangat recommended.

Spesifikasi minimum Resolume Arena adalah minimal windows 7, 4GB RAM, minimal 2MB graphic card memory, dan Minimal 2,0 Ghz Processor speed. Tetapi untuk spesifikasi rekomendasinya sendiri menggunakan windows 10/OSX Mojave, i7 2,6 Ghz Processor speed, 16GB RAM, SSD, dan 8GB Graphic Card memory. Cukup tinggi ya? hahaha, rata-rata memang akan lancar dengan spesifikasi rekomendasi tersebut.

Selanjutnya dari acuan spesifikasi tersebut terdapat beberapa faktor-faktor kebutuhan video mapping yang perlu disesuaikan kembali. Beberapa faktor tersebut sebagai berikut.

Resolusi Konten Audiovisual

Setiap membuat video mapping, kita harus tahu konten apa yang akan dibuat dan dimainkan nantinya. Contoh kita akan memproyeksikan konten ke gedung dengan animasi yang memiliki resolusi 4K. Maka mengacu pada output konten tersebut, kita bisa menggunakan spesifikasi yang direkomendasikan oleh Resolume untuk mendapatkah hasil terbaik yaitu Processor i7, 8GB Graphic card memory, 16 RAM, & SSD.

Namun semisal konten yang dimainkan tidak sebesar resolusi 4K atau contohnya saja ukuran FullHD (1080p) maka rekomendasi spesifikasi bisa sedikit diturunkan menjadi PC/Laptop dengan Processor i5, 2/4GB Graphic memory, 8GB RAM, & SSD saja.

Jumlah Konten

Kadang saat kita membuat video mapping, kita memainkan konten yang jumlahnya tidak hanya satu tapi lebih bahkan mungkin puluhan konten. Apalagi kalau konten yang dimainkan memiliki resolusi diatas 4K maka sangat disarankan untuk menggunakan PC dengan Processor yang memadai, RAM yang besar dan sudah harus menggunakan SSD.

Contoh spesifikasinya dapat menggunakan Processor dengan base speed di atas 3,8 Ghz dan RAM diatas 16GB serta dibantu dengan Graphic Card Memory 8GB atau diatasnya.

Jumlah Display Output

Jumlah display output ini biasanya kita dapatkan setelah kita mengetahui jumlah projector yang kita gunakan lalu mengkalkulasikan jumlah resolusi yang terdapat pada proyektor-proyektor tersebut. Sehingga kita bisa mengetahu beban yang ditanggung oleh VGA Card PC/Laptop kita sebagai hardware yang fungsinya untuk mendistribusikan output nantinya.

Contoh kita menggunakan 3 Proyektor dengan resolusi 1024×768 px dan 1 Monitor 1920×1080, maka total beban resolusinya adalah 1024×768 dikalikan 3 dan ditambah dengan 1920×1080 yaitu hasilnya 4990×3384 px. Sehingga spesifikasi hardware VGA Card yang disarankan adalah RTX 3060 Ti dengan maksimal output 8K.

Durasi Video Mapping

Durasi juga sangat berpengaruh dalam menentukan spesifikasi PC/Laptop yang akan digunakan untuk video mapping. Contohnya saja PC untuk event yang digunakan untuk beberapa jam saja beda dengan PC yang digunakan untuk instalasi yang berjalan semisal 10 jam setiap harinya. Biasanya untuk kebutuhan eventual, sering digunakan laptop yang memiliki spesifikasi rekomendasi Resolume, karena portable.

PC untuk instalasi khususnya sangat diperhitungkan untuk menggunakan part-part yang memiliki build quality yang kuat dan tahan lama serta memperhatikan air flow sehingga PC tidak terjadi throttling yang dapat mempengaruhi performa projection mapping.

Jenis laptop tidak disarankan untuk video mapping dalam bentuk instalasi.

Dari beberaapa spesifikasi diatas, dasarnya adalah acuan software yang kita gunakan apakah itu Resolume yang memang sering digunakan atau mungkin Mad Mapper atau software lainnya yang kalian bisa lihat sendiri di website masing-masing software. Tetap esuaikan dengan kebutuhan video mapping yang akanĀ  dibuat, karena software dan hardware akan terus berkembang mengikuti jaman yang semakin lama juga akan semakin canggih.

Semoga bermanfaat dan semangat berkarya !

Post a Comment